Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri 93 Palembang

Authors

  • Meri Astia SD Negeri 93 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v3i1.7553

Abstract

Pembelajaran membaca permulaan di SD Negeri 93 Palembang masih rendah. Permasalahan rendahnya keterampilan membaca pada siswa kelas I berdampak pada siswa, guru, dan juga sekolah sehingga perlu menganalisis hambatan-hambatan yang terjadi pada membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD Negeri 93 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data penelitian: wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan di SD Negeri 93 Palembang yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya minat belajara siswa, kurangnya rasa percaya diri pada anak, dan sulit mengenal huruf. Faktor eksternal siswa tidak pernah Sekolah Taman Kanak-kanak, kurangnya perhatian dan dukungan keluarga dalam membaca, serta rendahnya perekonomian orang tua.

References

Abdullah, B. W. (2017). Penerapan ModelPembelajaran Matematika BerbasisPengajuan dan Pemecahan MasalahPada Siswa Kelas X Tingkat SMAPada Materi Sistem Persamaan Linier.Jurnal Ilmiah PendidikanMatematika.

Fitria Pramesti. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat MembacaPermulaan Pada Siswa Kelas I. Jurnalilmiah sekolah dasar, 283-287.Hergenhahn, B. R., & Olson, H. (2015).Theories of Learning. Jakarta: Kencana.

Kusno. (2020). Analisis Kesulitan MembacaPermulaan Pada Siswa SekolahDasar. Journal for Lesson andLearning Studies, 436.

Siti Hawa Siregar. (2020). Analisis FaktorPenghambat Pembelajaran MembacaPermulaan Pada Siswa Kelas II MisAl-Hidayah Kelurahan Sari RejoMedan Polonia. Medan : Skripsi.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktoryang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Tarigan, H. G. (2010). Apresiasi Puisi.Jakarta: Gramedia.

Wiyani Windrawati, Solehun, Harun Gafur.(2020). Analisis Faktor PenghambatBelajar Membaca Permulaan PadaSiswa Kelas I SD Inpres 141Matalamagi Kota Sorong. JurnalPapeda, 15.

Downloads

Published

2020-03-20

Issue

Section

Articles