Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Lirik Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Banyuasin III

Authors

  • Wili Ananda Musdalifa SD Negeri 17 Banyuasin III

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v3i1.7555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi lirik pada siswa kelas IV SDN 17 Banyuasin III. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pembelajaran menulis puisi lirik pada siswa kelas IV untuk perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran sudah baik, dan untuk hasil evaluasi pembelajaran menulis puisi lirik siswa sudah cukup mampu itu terlihat dari hasil persentase dalam pembelajaran menulis puisi lirik siswa yang mampu pada aspek tema yaitu dengan persentase 75%, pada aspek diksi yaitu dengan persentase 62,04%%, dan pada aspek amanat yaitu dengan persentase 67,59%. Berdasarkan hasil nilai keseluruhan siswa pada seluruh aspek yaitu dengan rata-rata 68,30 itu artinya pembelajaran menulis puisi lirik siswa termasuk ke dalam kategori cukup mampu.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Julianda, E. (2019). Pembelajaran Sastra Pada Kelas V SD Di Kota Langsa. Journal Of Linguistics, Literature & Language Teaching, Vol. V No.1.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, B. (2013). SASTRA ANAK Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Royani, R. (2018). Pemanfaatan Media Audiovisual Dalam Pembelajran Menulis Puisi. Stilistika, Vol 4 No 2, 37-48.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Suryani, I., & Prasetyo, R. (2018). Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.3 No.2, 296-312.

Downloads

Published

2020-03-22

Issue

Section

Articles