Epektifitas Pemanfaatan Media Buku Pop-Up Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 126 Palembang

Authors

  • Anita Kurniati SD Negeri 126 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v3i1.7556

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Apakah media Buku Pop-Up efektif digunakan dalam mengetahui keberagaman budaya di Indonesia pada  pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV Sekolah Dasar Negeri 126 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media  Buku pop-up efektif digunakan dalam mengetahui keberagaman budaya pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV Sekolah Dasar Negeri 126 Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Pra-Eksperimen dan menggunakan Desain Penelitian One-Group Pretest-Posttest yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV.c. Sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu diadakan Pretest untuk mengetahui kemampuan awal murid kemudian diberikan perlakuan dan diadakan Posttest. Dan penelitian ini menggunakan analisis data yaitu Analisis Statistik Deskriptif. Hasil analisis   menunjukkan bahwa: Skor rata-rata sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media Buku Pop-Up (Pretest) adalah 40 dari 34 murid hanya 7 atau 18,75% yang memenuhi kriteria minimal (KKM) atau berada pada kategori Sangat Rendah. Sedangkan skor rata-rata setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Buku Pop-Up (posttest) adalah 80,63 dari 34 murid 30 atau 87,5% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sedang,  Rata-rata  persentase  frekuensi  aktivitas  murid berada pada kategori baik yaitu 67,18%.Hasil Angket respon murid terhadap penggunaan media Buku Pop-Up yaitu 96,87% sehingga dapat di kategorikan baik (positif). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media Buku Pop-Up efektif digunakan pada pembelajaran mengetahui Keberagaman budaya Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 126 Palembang.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Bluemel dan Taylor. (2012). Pop-up Bokks A Guide For Teachers and Librarians . California: Santa Barbara.

Dewantari. (2013). Workshop Pop-up Mengamati, Mengenal dan Memahami Pop-up. http://dgi-indonesia.com.workshop-pop-up-mengamati-mengenal memahami pop-up .

Djamarah dan Zain. (2010: 130). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Faidi, A. (2013). Tutorial Mengajar untuk Melejitkan Otak Kanan & Kiri Anak. Jogjakarta: DIVA Press.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol.XI No.1 , 86.

Ganda Prawira, N. (2017). Seni Rupa Dan Kriya. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Harjito dkk. (2014). Media Pendidikan. jakarta: Rajawali pers.

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. jakarta: PT.Luxima Metro Media.

Iskandar, R. (2016). keefektifan penggunaan media kancing baju terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan kelas II SD Inpres kabupaten gowa. skripsi Nurhikmawati , Makasssar, Universitas muhammadiyah.

Kartika Putri, Q. (2019). pengembangan media buku pop-up untuk meningkatkan kemampuan menyimak tema menyayangi tumbuhan dan hewan. pedagogi dan pembelajaran , joernal pendidikan, vol 2 No.2.

Kurniawati. (2018). penerapan media pop up raksasa untuk mengembangkan kemampuan bicara anak. jurnal Program Studi PGRA Vol.8 No.1 , 16.

Kusumas, t. (2013). academia.edu. pendidikan seni untuk sekolah dasar , semarang.

Kusumawardani. (2014). The Effectivenes of Learning by PBL Assisted mathematic Pop Up Book gaints The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter.

Margono, D. S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-03-26

Issue

Section

Articles