Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjung Sari

Authors

  • Lendy Anggraen SD N Tanjung Sari

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.7561

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotion) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIRC (Copperative Integrated Reading And Composition), dengan Protest-Posttest Control Design Design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tanjung Sari. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa action test yang dilakukan pada saat pretest sebelum diberikan treatment dan posttest setelah diberikan treatment. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 51,2 dan rata-rata posttest 70,2. Dari hasil uji hipotesis berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk = 15-1 = 14, nilai thitung = 4,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa fhitung > fttabel atau 4,6 > 1,761 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integread Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV.

References

Palupi, Bida. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Ghina Walafa.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, diterjemahkan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Tarigan, Guntur. 2011. Prinsip- Prinsip Dasar Sastra. Bandung: ANGKASA

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 Depok: AR- RUZZ MEDIA.

Tarigan, Guntur. 2011. Menulis Sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: ANGKASA.

Busri, Hasan. 2018. Linguistik Indonesia Pengantar Pemahaman Hakikat Bahasa. Malang: Madani Media.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian pendidikan jenis, metode, dan prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Efendi, dkk. 2015: Tata Bahasa Dasar Bahasa Indonesia. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Rusman. 2012. MODEL – MODEL PEMBELAJARAN. Depok:PT Raja Grafindo Persada.

Hera, dkk. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulita, Trisma. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembangâ€. Skripsi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah. Palembang: Perpustakaan TarbiyahJurnal Ni M. Yudasmini, Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperativeintegrated Reading And Composition) Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Gugus Buruan, Program Studi Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia. Jurnal.

Puput Sumarsih. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperativeintegrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menjelaskan Isi Teks (100-150 Kata) Melalui MembacaIntensif Siswa Kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal.

Hardi Kurniawan . 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Kritis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTS N 13 Jakarta Selatan.

Nurmaya, Sari. 2018. Kemampuan Menulis Puisi BerdasarkanMedia Gambar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Makassar. Jurnal.

Asih. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tentang Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2013/201. PGSD FKIPUNS Surakarta. Jurnal.

Downloads

Published

2019-03-28

Issue

Section

Articles