Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di SD Negeri 83 Palembang

Authors

  • Seyla Pertiwi SD NEGERI 83 PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.7563

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA, pembelajaran masih memusatkan siswa pada aktivitas mendengar dan mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Make a Match. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalalm penelitian yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran make a match yaitu 82% atau termasuk dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa nilai rata- rata pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran make a match sebesar 76,80. Dengan demikian nilai rata-rata tersebut terdapat pada interval 75-84 yang termasuk dalam kategori tinggi.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2 1A: 70-77.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Basir, M. D., & Amrina, D. E. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: Unsri Press.

Eviani, Utami, & Sabri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis MasalahTerhadap kemampuan Literasi sains IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3

Gunawan, I. (2013). Metode Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Huda, M. (2017). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nisa, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa

Kelas IV Pada Pembelajaran IPA di MIN 1 Padang Hulu Kota Tebing Tinggi TA.2018/2019. Medan: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Perdana, A. A. & Supriyono. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Guru sekolah dasar, 641.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-03-28

Issue

Section

Articles