Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD Negeri 35 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.7564Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 35 Palembang. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 35 Palembang. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VF sebagai kelas eksperimen. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 30 siswa pada setiap kelasnya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain posttest-only control group design. Teknik pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam tes hasil belajar IPA materi perpindahan kalor berbentuk tes essay. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t (independent sampel t-test) berbantuan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi perpindahan kalor kelas V SD Negeri 35 Palembang. Dilihat dari perhitungan analisis data uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen diperoleh 84,53 dan kelas kontrol diperoleh 59,00 dengan selisih nilai 25,53.
References
Abdurrozak, R., Jayadinata, K. A., & Atun, I. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 871-880.
Alfianiawati, T., Desyandri., Nasrul. (2019). Pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1- 10.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Unimus, 23-30.
Astari, F. A., Suroso, & Yutinus. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu , 1-10.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Hosnan (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalita Indonesia.
Ismail, F. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Palembang: Karya Sukses Mandiri.
Juwitaningsih, D. (2018). Panas Dingin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan.
Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian.
Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Kurino, Y. D. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Theorems , 86-92.
Manila, N., Masniladevi (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera. Jurnal Pendidikan Tambusai , 2502-2507.
Mulyasa, Iskandar, & Aryani. (2017). Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nofziarni, A., Hadiyanto., Fitria, Y& Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2016-2024.
Novianti, A., Bentri, A. & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 194-202.
Octavia, A.S (2020).Model-model pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama Prasetyo,
F., Kristin, F. (2020).Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13-27.
Pratama, T. A (2018). Improving metacognitive skills using problem based learning (pbl) at natural science of primary school in deli serdang, indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi , 100-105.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.
Rahmadani, H., & Acesta, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 1-9.
Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, S. (2018). Menguasai SPSS Versi 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan , 93-99.
Siyoto, S & Sodik,A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Suhada, F., Ahmad, S. (2020). Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Operasi Pecahan di Kelas V SD. e- Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 289-293
Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Sujarweni, W. A (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukardi, I. (2015). Model-Model Pembelajaran Modern: Bekal untuk Guru Profesional. Palembang: Noer Fikri Offset.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahyuni, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 73-82.
Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wisudawati, & Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran Ipa. Jakarta: Bumi Aksara.