Analisis Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Rewadr Bintang Pada Siswa Kelas II Sd Negeri 70 Palembang

Authors

  • Pramita Susanti SD Negeri 70 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa melalui pemeberian reward bintang di SD Negeri 70 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 70 Palembang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian reward bintang mampu menguatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Reward dijadikan salah satu metode untuk menguatkan motivasi belajar karena perilaku belajar siswa mampu berubah dari sebelumnya kurang antusias menjadi lebih aktif  belajar dalam mengikuti proses pembelajaran setelah diberikan reward oleh guru. Dari hasil penelitian dengan 18 responden yaitu skor 1.098 termasuk kategori baik atau jika di presenkan maka 55,45% maka hasil dari motivasi belajar siswa di katakan baik. Berdasarkan keterangan diatas siswa SD Negeri 70 Palembang menyatakan bahwa motivasi belajar siswa sangat baik dan sangat setuju adanya pemberian reward bintang, maka di nyatakan bahwa siswa SD Negeri 70 Palembang memiliki motivasi belajar yang baik. Dengan 18 responden yaitu skor 1.251 termasuk kategori baik atau jika dipersenkan maka hasilnya 60,43%, dari hasil pemberian reward bintang dikatakan baik. Berdasarkan keterangan diatas siswa SD Negeri 70 Palembang menyatakan bahwa respon siswa menerima pemberian reward bintang dengan kategori baik.

References

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Anggraini, dkk. 2019. Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Penelitian PGSD, Vol 7, No 3.

Ernata, dkk. 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 KEC. Gandusari KAB. Blitar. Jurnal Penelitian Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Vol 5, No 2.

Elmirawati. 2013. Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Terhadap Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling: 1-7

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.

Jamaris, M. (2015). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Miranda, A. 2019. Pengelolaan Aktifitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalbar: PGRI Provinsi Kalbar

Marta, dkk. 2016. Implementasi Pemberian Reward Kepada Siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 25 Tahun ke 5 Meila. 2015. Hubungan Reward Dengan Disiplim Anak TK Kelompok B di Sekolah. Se-Gugus di Kecamatan Sanden, Bantul. Yogyakarta: Skripsi Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini.

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktek. Jakarta: Prenadamedia Group.

Munawaroh. 2018. Pengaruh Pemberian Reward Stiker Bintang Terhadap Percaya Diri Anak Kelompok B di TK Thoriqusslam Sidoarjo: Skripsi PIAUD. Mawarni. 2019. Pengaruh Koleksi Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Di Perpustakaan SD Negeri 157 Palembang: Program Studi Ilmu Pendidikan.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. yogyakarta: CV Budi Utama. Riduwan. 2013. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rosyid, Z., & Abdullah, A. R. (2018). Reward & Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Sujiantari, dkk. 2016. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Penelitian Ekonomi, Vol 2, No 2.

Salwa, Kristiawan, M., & Lian, B. 2019. The Effect Of Academic Qualification, Work Experience And Work Motivation Towards Primary School Pricipal Performance. International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol 8, No 8.

Saputri. 2017. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Kelas 1 MIM Perkalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Skiripai Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Maguwoharjo: AR-RUZZ Media.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suwarno, W. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ Media. Soeratno, & Arsyad, L. (2008). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.

Sugyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ummai. 2021. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 6, No 1.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahab, R. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Wibowo, J. (2020). Guru Idolaku. Guepedia.

Wardani. (2011). Perspektif Pendidikan SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-09-28