Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 1 Sukamaju

Authors

  • Dessidik Fatonah SD Negeri 1 Sukamaju

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa SD Negeri 1 Sukamaju. penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju.  populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Sukamaju yang berjumlah 32 orang. Dalam penelitian ini siswa  kelas V  sebagai sampel yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dimana  sebagai kelompok eksperimen ada 16  siswa dengan menggunakan media pembelajaran video animasi sedangkan kelompok kelas kontrol yaitu 16 siswa dengan menggunakan media pembelajaran power point.Metode penelitian ini dapat memperleh hasil yang baik dan sesuai dengan harapan, maka metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode eksperimen.   Metode penelitian ini menggunakan desain posttest only. Peneliti akan langsung memberikan  tes akhir (postest).  Teknik validasi instrumen menggunakan validitas dan realibilitas. Teknis analisis data menggunakan uji normalitas, ujihomogenitas dan uji hipotesis  uji-t (independent sampel t-test) berbantuan SPSS Versi 25. Berdasarkan pada tabel Test Statistics, baris Mann-Whitney U diperoleh nilai = 49.000 dan Sig (2-tailed) = 0,002/2 = 0,001. Sig 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian berarti ada pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa SD Negeri 1 Sukamaju. 

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, K. A., & Atun, I. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 871-880.

Alfianiawati, T., Desyandri., Nasrul. (2019). Pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1- 10.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Unimus, 23-30.

Astari, F. A., Suroso, & Yutinus. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu , 1-10.

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Hosnan (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad

Bogor: Ghalita Indonesia.

Ismail, F. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Palembang: Karya Sukses Mandiri.

Juwitaningsih, D. (2018). Panas Dingin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan.

Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Kurino, Y. D. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Theorems , 86-92.

Manila, N., Masniladevi (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera. Jurnal Pendidikan Tambusai , 2502-2507.

Mulyasa, Iskandar, & Aryani. (2017). Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nofziarni, A., Hadiyanto., Fitria, Y& Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2016-2024.

Novianti, A., Bentri, A. & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 194-202.

Octavia, A.S (2020).Model-model pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama Prasetyo,

F., Kristin, F. (2020).Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13-27.

Pratama, T. A (2018). Improving metacognitive skills using problem based learning (pbl) at natural science of primary school in deli serdang, indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi , 100-105.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahmadani, H., & Acesta, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 1-9.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, S. (2018). Menguasai SPSS Versi 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan , 93-99.

Siyoto, S & Sodik,A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Suhada, F., Ahmad, S. (2020). Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Operasi Pecahan di Kelas V SD. e- Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 289-293

Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Sujarweni, W. A (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukardi, I. (2015). Model-Model Pembelajaran Modern: Bekal untuk Guru Profesional. Palembang: Noer Fikri Offset.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 73-82.

Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wisudawati, & Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran Ipa. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-09-28