Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Builder Materi Perkalian Pada Siswa Kelas II Sd

Authors

  • Ety Madya Wati SD Negeri 124 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi Perkalian kelas II SD yang valid dan praktis e-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) sampai tahap Implementasi saja karena mengingat waktu dan biaya. Objek penelitian ini merupakan kualitas e-modul materi per berbasis flip builder pada siswa kelas II SD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 85%; penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 92%; dan penilaian ahli bahasa dengan skor rata-rata 95%. E-Modul juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon siswa dengan total skor rata-rata 91,12%.

References

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Barkah, A. et, al. (2020). Analisis implementasi metode pembelajaran dalam masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran PKN. Jurnal penelitian pendidikan vol.7, no.2

Febriyanto, b., Haryanti, y. d., & Komalasari, o. (2018). peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II sekolah dasar. cakrawala pendas , 33.

Hamdani. (2011). strategi belajar mengajar . Bandung: pustaka setia.

Hidayatullah, M. S. (2017). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal : Universitas PGRI Semarang.

JH, T. S. (2018). Pengembangan E-modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. jurnal wahana pendidikan fisika.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Malang : gunung samudera.

Laili, I., Ganefari, & Usmeldi. (2019). efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. imiah pendidikan dan pembelajaran, 308.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP. Jurnal pendidikan matematika, 163.

Lestari, N. (2016). Pengaruh pendekatan open ended terhadap penalaran matematika siswa sekolah menengah pertama Palembang. Jurnal pendidikan MIPA.

Mahmudah, Aniza. A.R. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Board Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas III SD.

Manullang, M. (2014). manajemen pembelajaran matematika. jurnal pendidikan dan pembelajaran, 209.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). pengembangan media matematika dengan macromedia flash. jurnal pen didikan matematika, 179.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nieveen, N. (1999). Prototype to Reach Product Quality from Design Approches and Tools in Education and Training. Amsterdam: Kluwer Academic Publisher.

Nisa, H. A., (2020). Pengembangan E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Pada Materi Himpunan. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Prastowo, A. (2015). panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Prayudha, D. R. (2016). Pengembangan E-modul dengan modelproblem based learning pada materi bilangan bulat kelas VII. Pendidikan Matematika.

Putra, N. (2012). Research & Development. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Septora, R. (2017). Pengembangan Modul Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. jurnal lentera pendidikan pusat penelitian.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Menggunakan Visual Studio. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Syaifuddin, M. (2018). Senang belajar matematika. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. (2010). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan & tenaga kependidikan. Jakarta : kencana.

Walid, M, Ismail., (2017), Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis geogebra dengan model pengembangan addie (analysis, design, development, implementation, evaluation) pada materi geometri kelas XI Mia SMA Negeri 3 Takalar

Wijayanti, N. A., Damayanti, L. E., Sunarya, I. G., & Putrama , I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus Di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol 13, No2.

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman. (2019). Pengembangannya pada media pembelajaran matematika. jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar, 122.

Downloads

Published

2019-09-28