Strategi Guru Mengajar Menggunakan Metode Iqro Di SDN 1 Rimba Samak
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7568Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui srategi guru mengajar menggunakan metode Iqro di SDN 1 Rimba Samak dan kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian bersumber dari kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis secara kualitatif: (1) reduksi data; (2) penyajian data: (3) verifikasi data/menyimpulkan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: stategi guru mengajar menggunakan metode iqro di SDN 1 Rimba Samak sudah baik, dimana gúru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara menulis di papan tulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Guru menulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca di atas kertas kartun dan di eja oleh siswa. Guru mengucapkan kata untuk mengenalkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Siswa mengikuti apa yang diucapkan oleh guru. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengulangi setiap huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Selanjutnya kendala yang dihadapi kurangnya dukungan sarana prasarana yang ada di SDN 1 Rimba Samak, seperti alat peraga (Kit Bahasa, Kit IPS, Kit IPA). Perilaku siswa di kelas II masih sangat ke kanak-kanakan. Siswa masih ada yang malu (diam) saat di suruh guru untuk menyebutkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja.
Â
References
Abdurrahman, M. (2021). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Ahmadi, A. (2011). Strategi Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta. Bafadal, I. (2014). Manajemen Peningkatan Pendidikan: dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Basri, A. (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Buchori. A. (2012). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.
Danim, S dan Yunan D. (2010). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Djamarah, S. B. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2014). Kepribadian Guru Indonesia. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.
Hamid. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar: Konsep Dasar Teori dan Praktek, Bandung: PT. Alfabeta.
Indrawati. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Pustaka.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Juwariyah. S. (2011). Keefektifan Metode Iqro dan Metode Eja/Bunyi dalam Pengajaran Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri 01 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(3), Juli 2011. Hal.133-145.
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Deepublish.
Kurniasih, I. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: PT. Kata Pena.
Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Nurdin, S. (2015). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: PT. Ciputat Pers.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto, N. dan Djeniah. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pribadi, B. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Rachman. (2016). Guru Powerfull (Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif). Bandung: PT. Kolbu.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sagala, S. (2012). Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2015). Strategi Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2018). Profesi Guru Indonesia. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.
Santyasa. (2014). Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Slavin. (2011). Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sukadi. (2016). Guru dan Masa Depan. Jakarta: PT. Rajawali Press. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prenadamedia Group.
Trianto. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Usman, M, U. (2011). Keefektifan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. (2016). Organisasi, Kepemimpinan & Prilaku Administrasi. Jakarta: PT. Gunung Agung.
Winkel. (2010). Interaksi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wiyani. (2013). Keterampilan Guru dalam Pembelajaran. Bandung: PT. Qolbu.
Yanuarti. (2010). Keefektifan Penggunaan Strategi Permainan Bahasa dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 23 Palembang. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1), Juni 2010. Hal. 76-87.
Yamin, M. 2017. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Yusutria. (2016). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 2 Nomor 3, Juli 2016. Halaman. 105-112.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.