Analisis Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pembelajaran TGT Kelas III Sd

Authors

  • Susanti Susanti SD Negeri 1 Berkat

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui srategi guru mengajar menggunakan metode Iqro di SDN 1 Rimba Samak dan kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian bersumber dari kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis secara kualitatif: (1) reduksi data; (2) penyajian data: (3) verifikasi data/menyimpulkan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: stategi guru mengajar menggunakan metode iqro di SDN 1 Rimba Samak sudah baik, dimana gúru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara menulis di papan tulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Guru menulis huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca di atas kertas kartun dan di eja oleh siswa. Guru mengucapkan kata untuk mengenalkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Siswa mengikuti apa yang diucapkan oleh guru. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengulangi setiap huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja oleh siswa. Selanjutnya kendala yang dihadapi kurangnya dukungan sarana prasarana yang ada di SDN 1 Rimba Samak, seperti alat peraga (Kit Bahasa, Kit IPS, Kit IPA). Perilaku siswa di kelas II masih sangat ke kanak-kanakan. Siswa masih ada yang malu (diam) saat di suruh guru untuk menyebutkan huruf demi huruf, kata demi kata untuk di baca dan di eja.

References

Agustiani, U., & Wijayatiningsih, T. D. (2018). Analisis Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Asking For and Giving Opinion di Kelas XI MIPA 3 SMA N 15 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, (Vol. 1).

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 155-162.

Bungin, H. M. (2014). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Fathurrohman, & Wuryandani, W. (2011). Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Yogyakartal: Nuha Litera.

Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(2), 101-109.

Hariyanto, A. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. Yogyakarta: Deepublish.

Kebudayaan, K. P. (2018). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa dan Guru SD/MI Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muliantika, P. F., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, A. (2019). Pengembangan Media Komik Pada Muatan PPKn Materi Hak Dan Kewajiban Siswa Kelas III SDN Plamongansari 02 Kota Semarang. Semarang: Skripsi PGSD Universitas Negeri Semarang.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skirpsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukasih, N. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 256.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Suseni, P. A., Parmiti, D. P., & Sudhita, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Sutrisna, G. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal of Education Action Research, 1(2), 160-174.

Winataputra, U. S. (2014). Pembelajaran PKn di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yensy, N. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP N 1 ARGAMAKMUR. Exacta, 10(1), 24-35.

Zahara, R. A., Roshayanti, F., & Priyanto, W. (2019). Pengaruh Kartu Misteri Dalam Model Pembelajaran TGTTerhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal of Education Technology, 3(4), 229-236.

Downloads

Published

2019-09-28