ANALISIS MUATAN BERPIKIR KRITIS PADA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELAS V TEMA 8

Authors

  • Selly Oktaviansya Leonny Putri Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v5i1.8021

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai pelengkap dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan tuntutan kurikulum 2013 yaitu pembelajaran dintegrasikan dengan pelatihan kemampuan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah isi LKPD yang digunakan sebagai bahan ajar pada kelas V semester II di SDN 6 Sungai Raya sudah disajikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diintegrasikan pada berpikir kritis.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar check list muatan berpikir kritis menurut Ennis Robert. Data dalam penelitian ini yaitu lembar muatan berpikir kritis dan sumber data penelitian ini Lembar Kerja Peserta Didik Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita†kelas V semester II yang diterbitkan oleh Putra Nugraha dan disusun oleh Sri Sunarsih. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengkajian isi dokumen (content analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) kelas V Tema 8 Semester II kurang disajikan sesuai dengan tujuan pembelajaran di kurikulum 2013 yaitu diintegrasikan dengan kemampuan berpikir kritis dengan persentase 19,3% atau dikategori “kurang sekaliâ€. LKPD tersebut kurang tercermin dengan adanya muatan berpikir kritis yaitu (memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, penjelasan lebih lanjut dan trategi dan taktik) yang telah disajikan pada setiap pembelajaran.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, LKPD, Pembelajaran Tematik

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles