Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 53 Kuranji Kota Padang

Authors

  • Suci Fitrisyahni UNIVERSITAS TERBUKA
  • Ayu Gustia Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v6i1.8076

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya aktifitas dan hasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 53 Kuranji, serta guru belum menerapkan metode problem solving dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 53 Kuranji melalui penerapan metode problem solving. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, kolaborator dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan sumber datanya siswa kelas V SDN 53 Kuranji yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 53 Kuranji karena siswa secara aktif bekerjasama menyelesaikan masalah dalam kelompok sehingga siswa yang mempunyai kemampuan rendah ikut termotivasi belajar. Siswa yang mempunyai kemampuan yang tinggi dapat membantu teman kelompoknya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I yakni rata-rata 65,16, lalu pada siklus II rata-rata yang diperoleh 70,16, dan pada siklus III rata-ratanya meningkat menjadi 7,.97. Jadi metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Kata Kunci : Metode problem solving, Aktifitas belajar, Hasil belajar IPA

References

Departemen Pendidikan Nasional,

Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Dimyati, Belajar dan Pembelajaran,

Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Harahap, Nasrun, dkk,

Teknik

Penilaian Hasil Belajar Seri A.

Jakarta: Bulan Bintang, 1982

Hartono Kasmadi, Fungsi Pengamatan

di dalam Kelas oleh Guru, Padang

IKIP, 1991.

Melvin, Silberman, Active Learning,

Bandung: Nusa Media, 2006.

Sanjaya,

Wina,

Strategi

Pembelajaran berorientasi Standar

Proses Pendidikan, Jakarta:

Kencana,2009

Arikunto, Suharsimi,

Manajemen

Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta:

Rineka Cipta, 1990.

.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles