Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 53 Kuranji Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v6i1.8076Abstract
Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya aktifitas dan hasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 53 Kuranji, serta guru belum menerapkan metode problem solving dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 53 Kuranji melalui penerapan metode problem solving. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, kolaborator dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan sumber datanya siswa kelas V SDN 53 Kuranji yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 53 Kuranji karena siswa secara aktif bekerjasama menyelesaikan masalah dalam kelompok sehingga siswa yang mempunyai kemampuan rendah ikut termotivasi belajar. Siswa yang mempunyai kemampuan yang tinggi dapat membantu teman kelompoknya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I yakni rata-rata 65,16, lalu pada siklus II rata-rata yang diperoleh 70,16, dan pada siklus III rata-ratanya meningkat menjadi 7,.97. Jadi metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Metode problem solving, Aktifitas belajar, Hasil belajar IPA
References
Departemen Pendidikan Nasional,
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran,
Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Harahap, Nasrun, dkk,
Teknik
Penilaian Hasil Belajar Seri A.
Jakarta: Bulan Bintang, 1982
Hartono Kasmadi, Fungsi Pengamatan
di dalam Kelas oleh Guru, Padang
IKIP, 1991.
Melvin, Silberman, Active Learning,
Bandung: Nusa Media, 2006.
Sanjaya,
Wina,
Strategi
Pembelajaran berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Jakarta:
Kencana,2009
Arikunto, Suharsimi,
Manajemen
Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta:
Rineka Cipta, 1990.
.