UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD TENTANG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA DI SDN 14 BANYUASIN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v5i1.8199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Kognitif Siswa Kelas III Sd Tentang Pecahan Melalui Penggunaan Media Alat Peraga di SDN 14 Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang bertujuan untuk mengamati setiap perubahan siswa setelah diberikan perlakuan di kelas melalui penggunaan media alat peraga. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dilihat dari rerata kelas sebesar 66,5 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 76. Sementara itu, hasil tes siswa pada silkus II mengalami peningkatan, diantaranya nilai rerata kelas sebesar 76,4, nilai terendah sebesar 70 dan nilai tertinggi sebesar 80. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika terjadi peningkatan sebesar 49,3% dari rerata hasil tes pada siklus I 66,5 dan siklus II 76,4. Dengan demikian, penggunaan media alat peraga di SDN 14 Banyuasin terjadi peningkatan hasil belajar mengenai materi pecahan. 

References

Andrijati, N. (2014). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DI TEGAL. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 Nomor 2 Tahun 2014. Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/125160-ID-penerapan-media-pembelajaran-inovatif-da.pdf

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Bunyamin. (2010). Penggunaan Media Benda Konkrit Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Pecahan Kelas III SDN 03 Petarukan Pemalang Tahun 2009 / 2010. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Loba, J. M., Tehing, A., & Beli, J. Y. (2021). Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri Kolana, Alor Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) – Aphelion, Vol. 2 No. 1, Agustus 2021, 69-72.

Madya, S. (2007). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP.

Puspitasari, M., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2021). Desain Didaktis Konsep Bangun Ruang Materi Kubus untuk Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Science and Education, Vol 4 No.1, 1-16. doi:https://doi.org/10.31540/jmse.v4i1.1402

Riyani, B. M., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2022). Desain Didaktis Materi Pengukuran Satuan Panjang Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Research & Learning in Primary Education, Volume 2 Nomor 1, 252-261. doi:https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3388

Sukayati, & Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Trisnani, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Di SDN Kasatriyan. Peran Pedidikan Dasar dalam Menyiapkan Generasi Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 27 April 2019 | ISBN 978-602-6258-11-3.

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles