PROSES PENGGARAPAN MUSIK TARI KIPAS CHANDANI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MUSIK STUDIO ONE DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7464Keywords:
Penggarapan Musik Tari kreasi, Program Musik Studio OneAbstract
Penggarapan musik ini membuat musik tari kreasi baru memakai program musik studio one sebagai tempat mengolah bahan-bahan mencampur, mengaduk hingga menjadi sebuah karya musik kreasi tari baru yang berjudul “Tari Kipas Chandaniâ€, tari kreasi baru ini adalah sebuah bentuk tari kreasi baru yang dibuat oleh salah satu dosen tari yaitu buk Rully, menggangkat kearifan lokal dan menjadikantari kreasi baru tanpa menghilangkan akar budaya daerah setempat khususnya Palembang Sumatera Selatan. Capaian dari Proses Penggarapan musik ini bertujuan memberikan sebuah pengetahuan ilmu musik khususnya musik tarikepada sehingga Ilmu ini akan lebih bermanfaat ketika mahasiswa tersebut sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 dan menjadi seorang pendidik seni di sekolah. Aplikasi ini menanyakan tentang pendekatan,variabel pekerjaan dengan memakai interpretasi Tradisi, pendekatan ini merupakan gaya penggarapan musik yang berpijak dari musikal tradisional kemudian diramu dengan laras-laras jawa dan tabuhannya, musik tari ini Secara umum akan memiliki kumpul-kumpul individu yang luas, dapat diteruskan ke berbagai urusan sosial individu. Dari hasil pemikiran ini, diyakini bahwa pertimbangan kreatif yang mutakhir akan tercipta sejauh menciptakan musik bergerak yang menarik dalam kemasannya dan memiliki kualitas dalam menjaga citra dan kecerdasan lingkungan.
References
Aminudin Rasyad, D. (1996). Materi Pokok Media Pembelajaran. Universitas Terbuka.
Handra Kadir, T. (2007). Mendefinisikan Musik Tari Piring dan Iringan Tari : implikasi pada pendidikan seni. Jurnal Seni Persembahan Tirai Panggung.
Maasrukhin, A. R. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa Mi Untuk Meningkatkan . Jurnal Auladuna.
Muhibbin, S. (2006 ). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Preesonus. (2020). Studio One Referensi Manual.
Putra, R. E. (2019). Media software musik studio one sebagai alternatif pembelajaran seni musik tradisional pada mahasiswa sendratarik pgri palembang. Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.
Putra, R. E. (2020). "Rase Tak Serupe" Musik Melayu Tradisi dengan Pengembangan Musik Modern Dalam Ruang Pertunjukan Komposisi Musik Nusantara. SITAKARA.
Rachmawati, Y. (2005). Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: depdikbud.
Rio eka putra, M. i. (2019). “Funky Slawe" Dalam Proses Kreatif Mahasiswa Sendratasik PGRI Palembang. Jurnal Ekspresi Seni.
Sartono. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Setiawan, I. d. (2009). Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif menyenangkan Guru SD. Jakarta: P4TK.
Sugiyono. (2010). Statika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukerta, p. m. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik Sebuah Alternatif. Solo: ISI Surakarta Press Solo.
Triyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Waridi. (2008). Pengantar Oleh Supanggah Gagasan & Kekaryaan Tiga Empu Karawitan. Bandung: Etnotheterpubliser.
Wirartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Sitakara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Sitakara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Sitakara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Sitakara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Sitakara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Sitakara entitles the author(s) to no royalties or other fees.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .