PROSES PENGGARAPAN MUSIK TARI KIPAS CHANDANI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MUSIK STUDIO ONE DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Rio Eka Putra Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang Indonesia
  • Deria Sepdwiko Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang Indonesia
  • Irfan Kurniawan Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7464

Keywords:

Penggarapan Musik Tari kreasi, Program Musik Studio One

Abstract

Penggarapan musik ini membuat musik tari kreasi baru memakai program musik studio one sebagai tempat mengolah bahan-bahan mencampur, mengaduk hingga menjadi sebuah karya musik kreasi tari baru yang berjudul “Tari Kipas Chandaniâ€, tari kreasi baru ini adalah sebuah bentuk tari kreasi baru yang dibuat oleh salah satu dosen tari yaitu buk Rully, menggangkat kearifan lokal dan menjadikantari kreasi baru tanpa menghilangkan akar budaya daerah setempat khususnya Palembang Sumatera Selatan. Capaian dari Proses Penggarapan musik ini bertujuan memberikan sebuah pengetahuan ilmu musik khususnya musik tarikepada sehingga Ilmu ini akan lebih bermanfaat ketika mahasiswa tersebut sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 dan menjadi seorang pendidik seni di sekolah. Aplikasi ini menanyakan tentang pendekatan,variabel pekerjaan dengan memakai interpretasi Tradisi, pendekatan ini merupakan gaya penggarapan musik yang berpijak dari musikal tradisional kemudian diramu dengan laras-laras jawa dan tabuhannya, musik tari ini Secara umum akan memiliki kumpul-kumpul individu yang luas, dapat diteruskan ke berbagai urusan sosial individu. Dari hasil pemikiran ini, diyakini bahwa pertimbangan kreatif yang mutakhir akan tercipta sejauh menciptakan musik bergerak yang menarik dalam kemasannya dan memiliki kualitas dalam menjaga citra dan kecerdasan lingkungan.

References

Aminudin Rasyad, D. (1996). Materi Pokok Media Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Handra Kadir, T. (2007). Mendefinisikan Musik Tari Piring dan Iringan Tari : implikasi pada pendidikan seni. Jurnal Seni Persembahan Tirai Panggung.

Maasrukhin, A. R. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa Mi Untuk Meningkatkan . Jurnal Auladuna.

Muhibbin, S. (2006 ). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Preesonus. (2020). Studio One Referensi Manual.

Putra, R. E. (2019). Media software musik studio one sebagai alternatif pembelajaran seni musik tradisional pada mahasiswa sendratarik pgri palembang. Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.

Putra, R. E. (2020). "Rase Tak Serupe" Musik Melayu Tradisi dengan Pengembangan Musik Modern Dalam Ruang Pertunjukan Komposisi Musik Nusantara. SITAKARA.

Rachmawati, Y. (2005). Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: depdikbud.

Rio eka putra, M. i. (2019). “Funky Slawe" Dalam Proses Kreatif Mahasiswa Sendratasik PGRI Palembang. Jurnal Ekspresi Seni.

Sartono. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Setiawan, I. d. (2009). Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif menyenangkan Guru SD. Jakarta: P4TK.

Sugiyono. (2010). Statika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukerta, p. m. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik Sebuah Alternatif. Solo: ISI Surakarta Press Solo.

Triyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Waridi. (2008). Pengantar Oleh Supanggah Gagasan & Kekaryaan Tiga Empu Karawitan. Bandung: Etnotheterpubliser.

Wirartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Putra, R. E., Sepdwiko, D., & Kurniawan, I. (2022). PROSES PENGGARAPAN MUSIK TARI KIPAS CHANDANI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MUSIK STUDIO ONE DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 7(1), 16–29. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7464