PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TARI SAJOJO MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI PADA SISWA LAKI-LAKI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG

Authors

  • Wiwik Sri Rahayu Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang Indonesia
  • Sukardi Sukardi Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Fadhilah Hidayatullah Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7465

Keywords:

Media Pembelajaran Tari Sajojo, Tari Kreasi Sajojo.

Abstract

Peneliti bertujian untuk mengetahui pengaruh pengunan alat peraga tari sajojo melalui pemebelajaran tari kreasi pada siswa laki-laki kelas XI SMA M uhammadiyah 1 Muara Padang. SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan mengajarkan anak-anak laki-laki seni tari keasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan angka/numerik. Studi dengan desain pre-eksperimental. Peneliti ini menggunakan rencana yang disbut rencana pre-test dan posttest satu keompok (satu sebelum dan sesudah pengujian). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran tari sajojo melalui pembelajaran seni tari kreasi pada siswa laki-laki di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang. Dapat di lihat dari nilai rata-rata pre-test 66,80 dan post-test 82,10. Dari sample t-Test  paired test di bawah ini dapat dilihat bahwa sip. 0,00, yaitu kurang dari < 0,05. Kajian in ini menyimpulkan bahwa telah terjadi perubahan mendasar dalam penerapan materi pembelajaran tari sajojo pada pembelajaran siswa putra. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak.

References

Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Media 1 Elektromagnetik. Edukasi@Elektro p. 12.

Eliza, G. (2020). Persepsi Siswa Laki-Laki Terhadap Seni Tari Kelas VIII di SMP Negeri 1 Payakumbuh. Sendratasik, p. 50.

Hidayatullah, Fadhilah. (2020). Jurnal Wahana Didaktika. Seni Rejung Sebagai Bahan Materi Pembelajaran Muatan Lokal Provinsi Sumatera Selatan. Volume 18. Nomor 2. Mei 2020. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Retnoningsih, D. A. (2017). Eksistensi Konsep Seni Tari Tradisional Terhadap Perbentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar ,pp. 20-28.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alpabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Rahayu, W. S., Sukardi, S., & Hidayatullah, F. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TARI SAJOJO MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI PADA SISWA LAKI-LAKI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG. Jurnal Sitakara, 7(1), 30–38. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7465