PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MUPEL SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Markamah Markamah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eka Putri Nugraheni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7468

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Sway

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan media yang tepat guna membantu siswa mencapai kompetensi.Masalah difokuskan pada proses pembelajaran muatan pelajaran seni rupa  topik menggambar ilustrasi. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari buku dan berbagai jurnal  terkait dengan penelitian ini.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi eksperimental.Data-data dikumpulkan melalui observasi  dan angket serta dianalisis menggunakan deskriptif presentase. Microsoft Sway ialah aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan serta berbagi presentasi dengan mudah, yang mana sistem kerjanya simpel dengan memperbanyak konten multimedia dari segala website hanya dengan drag and drop. Melalui Sway, maka guru bisa menghasilkan konten yang interaktif, menyematkan video, gambar yang relevan, interaktif. Dalam proses pembelajaran, guru dapat mengaplikasikannya sebagai tolak ukur terhadap penjelasan materi guna meningkatkan pemahaman peserta didik ( Bahar dalam konten interaktif,2019). Kajian ini menyimpulkan bahwa Media pembelajaran berbasis sway  layak digunakan karena mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa belajar ke arah kemajuan.

References

Bahar,Ayunara.2019.Membuat Konten Interaktif Pembelajaran dengan Microsoft Sway.Diakses dari https://www.ahzaa.net/2019/04/membuat-konten-interaktif-pembelajaran.html

Edukasi.com.2020. Penggunaan Sway Sebagai Media. Diakses dari https://www.edukasiku.com/2021/02/penggunaan-sway-sebagai-media.html

Jefriani,Lely.2020. Meningkatkan hasil belajar siswa.diakses dari https://www.liputanntb.id/2020/10/meningkatkan-hasil-belajar-siswa.html

Safriani,Malia.2021. Budaya Belajar Mandiri Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Microsoft Sway. Diakses dari https://kubutambahan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/21-budaya-belajar-mandiri-melalui-pemanfaatan-media-pembelajaran-microsoft-sway

Saleh,Heru.2015.Seni Rupa.Solo : CV.Putra Kertonatan

Savitri,Farikha Ana & Deni Setiawan(.2018).Kependidikan Dasar : Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi.Jurnal kreatif 9 (1),58-63

Sudarmoyo.2018. Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran.Diakses darihttps://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/download/23/17

Pranantadkk.(2016). Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Diakses dari http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_370619245863.pdf

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Markamah, M., & Nugraheni, E. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MUPEL SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Sitakara, 7(1), 64–72. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7468