PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD

Authors

  • Ranti Puspita Sari PGSD FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rohana Rohana Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Treny Hera PGSD FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7472

Keywords:

Pengembangan, ADDIE, Video Pembelajaran, Tari, Budaya Lokal

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi tari kelas III SD yang valid dan praktis yang telah dikembangkan. Masalah difokuskan pada pengembangan video pembelajaran tari tenun songket berbasis budaya lokal untuk siswa SD Kelas III yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develoment, Implementation, and Evaluasi). Data-data dikumpulkan melalui angket validasi yang diberikan kepada 2 orang dosen ahli materi dan 1 orang dosen ahli media, sedangkan kepraktisan video pembelajaran tari berbasis budaya lokal yang telah dikembangkan diukur dengan angket respon siswa yang telah diisi oleh siswa. Kajian ini menyimpulkan  bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,6: penilaian ahli materi yang pertama dengan skor rata-rata 4,6 dan penilaian ahli materi yang kedua dengan skor rata-rata 4,5. Video pembelajaran juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon siswa dengan skor rata-rata 4,8.

References

, U.-U. N. (t.thn.). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ajawaila, J. (2002). Antarpologi dan Pulau Kecil, Sebuah Kajian Makro tentang

Arisa, N. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Youtobe Untuk Kelas 8. Universitas PGRI Palembang.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hera, T. (2018, July). Aspek-aspek penciptaan tari dalam pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 5, No. 05).

Hera, T., & Elvandari, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN TARI DAERAH SEBAGAI DASAR KETERAMPILAN MENARI TRADISI. Jurnal Sitakara, 6(1), 40-54.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Jogyakarta: Gava Media.

Minati, N. W. (2020). Pengembangan Video Tari Berkreasi Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Anak Tunarungu. Universitas Negeri Surabaya.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Pribadi, B. A. (2019). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105-119.

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dann Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Satrianingsih, O. R. (2013). Pengembangan Video Interaktif Pembelajaran Tari Melinting Untuk SMA. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta, cv.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Sari, R. P., Rohana, R., & Hera, T. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD. Jurnal Sitakara, 7(1), 97–107. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7472