Pengaruh Paparan Medan Magnet ELF (Extremely Low Frequency) 500 µT Terhadap pH, Massa Jenis, dan Kualitas Fisik Tahu Sutera

Authors

  • Nurul Mega Astutik
  • Sudarti Sudarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v2i2.5687

Keywords:

medan magnet Extremely Low Frequency (ELF), tahu sutera

Abstract

Tahu sutera merupakan salah satu jenis produk olahan tahu yang memiliki kandungan air tinggi, sehingga membuat tahu sutera bersifat mudah rusak atau busuk. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengkaji pengaruh paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) terhadap pH, massa jenis, dan kualitas fisik pada tahu sutera. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain rancang acak lengkap (RAL). Sampel pada penelitian adalah 51 tahu sutera dengan 15 sampel untuk kelompok kontrol dan 36 sampel untuk kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberi paparan medan magnet Extremely Low Frequency, sedangkan kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberi paparan medan magnet Extremely Low Frequency intensitas 500 µT dengan variasi lama paparan 60 menit, 90 menit, dan 120 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) berpengaruh pada pH, massa jenis, dan kualitas fisik tahu sutera. Paparan medan magnet mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam tahu sutera, sehingga menyebabkan nilai pH tahu sutera meningkat dan massa jenis tahu sutera menurun. Paparan medan magnet ELF selama 90 menit efektif dalam menghambat proses pembusukan fisik tahu sutera.   

References

Badan Pusat Statistik. 2009. Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2009. Jakarta: BPS.

Gusnadi, Dendi. 2020. Analisis Daya Terima Konsumen pada Inovasi Produk Unbaked Cheese Cake Berbasis Tahu Sutera. Jurnal Ilmiah Hospitality. 9 (1): 49-50.

Kimestri, A. B. 2015. Pengawetan Bahan Pangan dengan Teknik Nontermal. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kristinawati, Andika. (2015). Pengaruh Medan Magne ELF (Extremely Low Frequency) Terhadap pH dan Kadar Air pada Proses Pembuatan Keju Jenis Cream Cheese (Skripsi, Universitas Jember).

Leitao dan Rios. 2000. Microbiological and Chemical Canges in Freshwater Prawn (Macrobrachium rosembergii) Storaged Under Refrigeration. Brazil Journal Microbiology. 31 (3): 178-183.

Sari, Lutfiana D. 2018. Pengaruh Intensitas Medan Magnet Terhadap Massa Jenis dan Derajat Keasaman pada Daging Ayam (Skripsi, Universitas Jember).

Ridawati, S. 2017. Pengaruh Paparan Medan Magnet Extremely Low Frequency (ELF) Terhadap pH dan Daya Hantar Listrik Minuman Susu Fermentasi Sebagai Indikator Kadaluarsai (Skripsi, Universitas Jember).

Sadidah, K. R., Sudarti, dan A. A. Gani. 2015. Pengaruh Paparan Medan Magnet ELF (Extremely Low Frequency) 300 µT dan 500 µT Terhadap Perubahan Jumlah Mikroba dan pH pada Proses Fermentasi Tape Ketan. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1): 1-8.

Supardi, Imam dan Sukamto. 1999. Mikrobiologi dalam Pengolahan dan Keamanan Pangan. Bandung: Erlangga.

Young, Hugh D. 2012. College Physics 9th Edition. San Fransisco: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2021-02-27