About the Journal

Focus and Scope

Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Journal of Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan

Peer Review Process

Setiap artikel yang ditujukan kepada staf editorial akan dipilih melalui   proses Tinjauan Awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel akan dikirim ke Mitra Bebestari / peer reviewer dan akan masuk ke seleksi berikutnya oleh  Blind Preview Process . Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu satu bulan untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, Mitra Bebestari / peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis. Mitra Bebestari / peer reviewer yang bekerja sama dengan Jurnal Wahana Didaktika.

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip membuat penelitian tersedia untuk umum mendukung dukungan pengetahuan global yang lebih besar.

Publication Ethics Statement

Jurnal Wahana Didaktika adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Publikasi dan Negara Penelitian LPPKMK Universitas PGRI Palembang. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

 

Publikasi sebuah artikel dalam jurnal Wahana Didaktika yang diulas sejawat merupakan blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel yang diulas rekan mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit, dan masyarakat.  

Keputusan publikasi

Editor jurnal Wahana Didaktika bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Sponsors

Pelatihan konsultasi dan pendidikan fakultas

Universitas PGRI Palembang

Journal History

Jurnal Wahana didaktika sejak tahun 2007, secara elektronik jurnal wahana didaktika masuk dalam sistem situs web pada tahun 2018 volume 16 edisi 1.