ANALISIS PROSES PEMBINAAN PUSAT PENDIDIKAN PELATIHAN MAHASISWA (PPLM) CABANG OLAHRAGA ATLETIK DI PROVINSI SUMATERA BARAT

I Made Andika Bayu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan mencari solusi tentang proses pembinaan olahraga (PPLM) Provinsi sumatera Barat. Penelitian dilakukan di PPLM Provinsi Sumatera Barat. Populasi penelitian terdiri dari atlet, pelatih, serta pengurus organisasi PPLM Provinsi Sumatera Barat, yang berjumlah 22 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Atlet PPLM Provinsi Sumatera Barat dikategorikan baik, dilihat dari penelusuran atlet, kondisi fisik serta kemauan atlet berlatih atas kemauan mereka sendiri; (2) Organisasi atau manajemen pembinaan PPLM Provinsi Sumatera Barat dikategorikan cukup baik, memiliki struktur kepengurusan, dan diharapkan dapat mengontrol langsung ke lapangan dan memberi motivasi kepada atlet dan pelatih, sehingga kendala dan kesulitan dapat diatasi; (3) Dukungan keluarga sangat baik dari segi motivasi yang diberikan oleh keluarga maupun dukungan moril yang datang secara positif dari lingkungan sekitarnya. Data yang diperoleh bahwa pembinaan olahraga PPLM Provinsi Sumatera Barat cukup baik.

 

Kata Kunci : Analisis Pembinaan, PPLM, Sumatera  Barat



DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.