STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PORTOFOLIO

Authors

  • Ramanata Disurya

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.101

Abstract

Abstrak

Masalah utama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah penggunaan metode atau model pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang memenuhi muatan tatanan nilai, agar dapat diinternalisasikan pada diri siswa serta mengimplementasikan hakekat pendidikan nilai dalam kehidupan sehari-hari-belum memenuhi harapan seperti yang diinginkan. Hal ini berkaitan dengan Metode pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar yang selama ini terkesan sangat kaku, kurang fleksibel, kurang demokratis, dan guru cenderung lebih dominan one way method, untuk itu suatu model pembelajaran yang efektif dan efisien sebagai alternatif, yaitu model pembelajaran berbasis portofolio (porfolio based learning), diharapkan mampu melibatkan siswa dalam keseluruhan proses pembelajaran dan dapat melibatkan seluruh aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta secara fisik dan mental melibatkan semua pihak dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki suatu kebebasan berpikir, berpendapat, aktif dan kreatif.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Portofolio

Published

2015-01-30

How to Cite

Disurya, R. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PORTOFOLIO. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.101