Peningkatan Prestasi Lompat Harimau Menggunakan Model-Model Latihan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.10145

Keywords:

Kata Kunci, Prestasi, Model, Lompat Harimau.

Abstract

Dalam pembelajaran senam  lompat harimau di Sekolah Menengah Pertama perlu adanya pembaharuan model yang digunakan, hal ini sesuai dengan tujuan dari penelitian ini. Penelitian yang dilakukan  guna untuk mengetahui secara menyeluruh informasi mengenai pengembangan, penerapan, efektivitas, efisiensi dan daya tarik dari model lompat harimau ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode Penelitian Research& Development (R & D). Penelitian ini melibatkan 50 siswa SMP. Instrumen yang digunakan berupa hasil evaluasi ahli, uji coba skala kecil, dan skala besar serta pelaporan dalam bentuk pengolahan data kuesioner/angket. Dari hasil uji coba diperoleh hasil evaluasi ahli yakni, ahli senam 1,2,3 sebesar (78%), uji coba kelompok kecil 81,59%, uji coba lapangan 83,2%. Sehingga hasil akhir dari uji coba lapangan dapat disimpulkan model-model lompat harimau yang dikembangkan layak digunakan dan membantu siswa belajar dengan efektif dan efisien.

Author Biography

Novi Sefriana, STKIP Rosalia Lampung

Lecturer Pendidikan olahraga

References

Agdilla, A. (2012) ‘Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobik Low Impact dan Senam Body Language Terhadap Penurunan Berat Badan Pada Kelompok Ibu-Ibu Pemula Di Karangasem Tahun 2012’, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), pp. 1–5.

Agung, S., Haetami, M. and Supriatna, E. (2016) ‘Pengaruh Media Karet Ban Terhadap Keterampilan Tiger Sprong Senam Lantai.’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, pp. 1–8. Available at: file:///C:/Users/user/Downloads/40265-75676622978-1-PB.pdf.

Febriyani, T., Kurniawan, F. and Effendi, R. (2020) ‘KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT HARIMAU’, Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 9(2), pp. 92–99. doi: 10.36706/altius.v9i2.13001.

Hadjarati, H. and Haryanto, A. I. (2020) ‘MOTIVASI UNTUK HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI’, Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), p. 137. doi: 10.20527/multilateral.v19i2.8646.

Indrayogi, I. (2020) ‘Hubungan Kecemasan Terhadap Kegagalan Dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pembelajaran Senam Lantai’, Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2020, pp. 923–932. Available at:http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/402%0Ahttp://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/402/385.

Kusuma, I. cahya I., Noer, S. H. and Caswita, C. (2020) ‘Pengembangan PBM dengan Tahapan TPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self- Efficacy Siswa’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), pp. 870–885. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.321.

Mahfud, I. and Fahrizqi, E. B. (2020) ‘PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KETERAMPILAN MOTORIK MELALUI OLAHRAGA TRADISIONAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR’, SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL, 1(1). doi: 10.33365/.v1i1.622.

Mahfud, I. and Yuliandra, R. (2020) ‘Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun’, SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), pp. 54–66. doi: 10.32528/sport-mu.v1i01.3055.

Maulida (2020) ‘TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODOLOGI PENELITIAN’, Darussalam, 21, pp. 71–78.

Nurjanah (2019) ‘Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Psikomotorik Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), pp. 45–61.

Oktavani, L. and Meirony, A. (2017) ‘Pengaruh Senam SKJ 2008 Terhadap Kebugaran Jasmani Siswi Sekolah Dasar Negeri 20 Alang Laweh Padang Selatan Kota Padang’, Journal of Education Research and Evaluation, 1(3), p. 168. doi: 10.23887/jere.v1i3.11694.

Purnama, A. D. and Lubay, L. H. (2018) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Melalui Penerapan Modifikasi Alat Dalam Permainan Bola Kecil’, TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), p. 10. doi: 10.17509/tegar.v1i2.11933.

Rahmatia, R. et al. (2021) ‘Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 47–57. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Saftari, M. and Fajriah, N. (2019) ‘PENILAIAN RANAH AFEKTIF DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA SIKAP UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR’, Edutainment, 7(1), pp. 71–81. doi: 10.35438/e.v7i1.164.

Setyawan, H. and Dimyati, D. (2015) ‘MODEL PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS UNTUK MENGEMBANGKAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMA’, Jurnal Keolahragaan, 3(2), pp. 164–177. doi: 10.21831/jk.v3i2.6230.

Sugiyono (2017) ‘“Metode Penelitian Teknik Pengumpulan Dataâ€â€™, Sugiyono,2017:308, pp. 1–102.

Syafei, M. M. (2016) ‘PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN FLEXIBILITY TERHADAP HASIL BELAJAR GERAKAN TIGER SPRONG SENAM LANTAI MUHAMMAD’, JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 4, pp. 119–134.

Wahyu Heny Kartika Sari, Tatok Sugiarto, S. P. (2016) ‘Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Rangkaian Sederhana Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 ngoro Kabupaten Mojokerto’, Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1).

Yuliandra, R. and Fahrizqi, E. B. (2019) ‘Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket’, Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), pp. 51–55. doi: 10.37058/sport.v3i1.750.

Downloads

Published

2022-12-23