PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 SUNGAI LILIN

Authors

  • Lilis Sunaryani
  • Misdalina Misdalina
  • Farah Diba

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.102

Abstract

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan soal-soal yang tidak rutin atau tidak dapat segera diselesaikan. Salah satu Pendekatan yang cocok untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran adalah PMRI. Masalah yang disajikan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 4 Sungai Lilin. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yang berbentuk tes essay. Data dianalisis menggunakan statistik ujit. Berdasarkan hasil penelitian, dapat simpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 4 Sungai Lilin.

 

Kata Kunci: PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah

Published

2015-01-30

How to Cite

Sunaryani, L., Misdalina, M., & Diba, F. (2015). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 SUNGAI LILIN. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.102