PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH : STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.105Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertolak dari kerisauan penulis terhadap kurangnya penggunaan dan pengelolaan media pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Kota Lubuklinggau. Penelitian deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Sejarah dan siswa serta kepala sekolah SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dengan tiga cara yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil orientasi menunjukkan bahwa Pertama, pengelolaan media pembelajaran guru sejarah di SMA Negeri 2 Lubuklinggau belum dilaksanakan secara optimal.  Kedua, keadaan media pembelajaran Sejarah masih sangat terbatas.  Ketiga, belum adanya perencanaan media pembelajaran yang dibuat oleh guru secara tertulis dan sistematis, melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Keempat, kurangnya kreativitas guru Sejarah dalam mendesain media pembelajaran sendiri. Kelima, dampak yang dihasilkan dari kurangnya penggunaan media pembelajaran sejarah adalah siswa merasa bosan, pembelajaran sejarah tidak menarik dan kering akan makna, serta image pembelajaran sejarah itu sendiri menjadi buruk dan dianggap tidak berarti sama sekali bahkan dianggap menjadi pelajaran pelengkap saja.
Â
Kata Kunci: Manajemen, Media Pembelajaran, Guru Sejarah