Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SD 116/IV Kecamatan Kota Baru

Authors

  • Putri Wahyu Ningsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.10529

Abstract

Akibat masih banyak siswa yang kurang memiliki motivasi belajar PKn, maka persoalan dalam bidang pendidikan adalah bagaimana guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kumpulan strategi pembelajaran yang mencakup semuanya dapat ditemukan dalam strategi pembelajaran aktif. Penelitian studi kasus digunakan dalam penelitian ini, yang mengambil pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pemgamatan mendalam, observasi, dan dokumentasi (1) Studi ini menemukan bahwa guru menyiapkan media dan perangkat pembelajaran yang menarik sebelum merencanakan strategi pembelajaran aktif. (2) Pelaksanaan sistem pembelajaran dinamis meliputi beberapa latihan antara lain latihan permulaan dan latihan inti, khususnya pelaksanaan Everyone Is A Teacher Here, Problem Based Learning, Team Games Tournament.

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian. Makassar : CV, Syakir Media Press.

Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Mestopo Beragama.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran.

Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Santosa, Agus Dwi. Alhidayah, Nuril Laila. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Jurnal Seumubeuet: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 121-

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Ningsih, P. W. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SD 116/IV Kecamatan Kota Baru. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(2), 46–54. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.10529