Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV dI SD N. 123/1 Hajran Kabupaten Batanghari

Authors

  • Mailani ade Sabrani

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.10548

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media grafis digunakan dalam pembelajaran IPS, bagaimana pencapaian penggunaan media grafis pada mata pelajaran IPS dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penggunaan media grafis di SD N. 123/1 Hajran . Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data yaitu pengumpulan, penyimpanan, penyajian dan inferensi hasil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

1) Siswa lebih paham karena disajikan dengan gambar dan poster, sehingga media grafis sangat efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar. 2) VI SD N.123/1 Prestasi Akademik siswa Hajran dengan media grafis rata-rata kelas 82,62 melebihi KKM. 3) Faktor pendukung dalam penggunaan sumber grafis adalah a) kualifikasi profesional guru, b) perhatian siswa saat memulai pembelajaran. Namun, faktor penghambatnya adalah kurangnya infrastruktur sekolah dan pembagian pembelajaran. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan khususnya terkait penggunaan media grafis dalam proses belajar mengajar untuk mentransmisikan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas materi pembelajaran di sekolah.

 

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, Muhammad Rohman dan Sofan. 2013. Strategi Dan Desain

Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arief S. Sadiman, R.Raharjo. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Gunawan, Heri. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Islam.

Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2010. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

J, Moleong Lexy. 2009. Metodeogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Disekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.

Oemar Hamalik. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasia Hasil Belajar. Yogyakarta: Pupel Desain

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rivai, Nana Sudjana dan Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

Riyana, Rudi Susiana dan Cepi. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: CV.

Wacana Prima.

Roni, Koountur. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta:

PPM.

Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Tegnologi Informasi Dan Komunikasi.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, S.A. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparwoto. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: FIP Universitas

Negeri Yogyakarta.

Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Sabrani, M. ade. (2024). Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV dI SD N. 123/1 Hajran Kabupaten Batanghari. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(2), 63–71. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.10548