Manajemen Kearsipan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Authors

  • Emy Efrianty Universitas Islam Negeri Fatmawati
  • Alex Abdu Chalik
  • Jarto Tarigan

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.10615

Keywords:

Manajemen, Kearsipan, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Pelaksanaan kegiatan manajemen kearsipan sangat penting dilakukan bagi sebuah organisasi. Hal ini dilakukan agar terjadi kesinambungan khususnya pada manajemen kearsipan di perguruan tinggi islam negeri. Kegiatan manajemen kearsipan yang terdiri dari perencanaan arsip (penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip) dan pengorganisasian arsip, pelaksanaan arsip dan pengawasan arsip. Kegiatan pengarsipan sangat membantu perguruan tinggi menjalankan dan mengembangkan perguruan tinggi UIN (Universitas Islam Negeri) Fatmawati Sukarno (FAS) Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pengelolaan kearsipan pasca perubahan status dari Institut Agama Islam Negeri Bengkulu menjadi UIN FAS serta menjelaskan hambatan yang ditemui dalam manajemen pengelolaan kearsipan di pasca peralihan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu menjadi UIN FAS. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi yaitu penilaian terhadap manajemen kearsipan di UIN FAS yang terdiri dari penciptaan arsip efektif, pemeliharaan arsip efektif dan penyusutan belum efektif. Diperlukan pengembangan manajemen kearsipan berupa pendirian Lembaga UPT kearsipan di UIN FAS Bengkulu.

References

Anri. Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang No 43 tahun 2009. , (2012). Republik Indonesia.
Anri. Peraturan Pemerintah RI tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 tahun 2009 Pasal 30 Tentang Lembaga Kearsipan. , (2015). Republik Indonesia.
Anri. Undang-undang RI nomor 43 tahun 2009 pasal 45 tentang Pemindahan arsip pada Perguruan Tinggi. , (2015). Republik Indonesia.
Asvio, N., Yamin, M., & Risnita, R. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).
Creswell, J. W. (2018). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2018). Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/download/1249/925
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 37–44. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/5432
Prasetyo, M. A. M., Anwar, K., & Asvio, N. (2022). The Dimensional Analysis of School Based Pesantren Design Development. Jurnal Iqra’, 7(1), 1–13. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/1636
Putri, R. D., YAOU, T., Nitiasih, P. K., & Asvio, N. (2022). The Impact of Principal Academic Supervision on Teacher Professionalism. PPDP International Journal of Education, 1(2), 185–195. Retrieved from https://ejournal.ppsdp.org/index.php/pijed/article/view/15/22
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukatin, S., Asvio, N., & Sari, O. M. (2022). The Role and Management of School Public Health. 3(36), 179–189. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=I7hbx_sAAAAJ&citation_for_view=I7hbx_sAAAAJ:qxL8FJ1GzNcC
Tunggal, A. W. (1993). Manajemen Suatu pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusup, M., & Marzani, M. (2018). Inovasi Manajemen Pendidikan: Pemikiran, Lingkungan, Budaya, dan Perilaku (Studi di SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti Jambi). NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2).

Downloads

Published

2022-09-30