Penerapan Bermain Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Pada Anak Kelompok B.2 Tk Dharma Wanita PDAM Palembang

Authors

  • Mustika Mustika
  • Maryani Risnawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.10714

Keywords:

Kemampuan Menggambar, Finger Painting

Abstract

Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar peserta didik kelas B.2 TK Dharma Wanita PDAM Palembang kemampuan menggambar masih rendah. Masalah dalam penelitian ini yaitu yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan bermain Finger Painting dapat meningkatkan kemampuan menggambar masih rendah pada anak B.2 TK Dharma Wanita PDAM Palembang?â€.Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menggambar masih rendah setelah diterapkannya bermain Finger Painting pada peserta didik  kelas B.2 TK Dharma Wanita PDAM Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas B.2 TK Dharma Wanita PDAM Palembang yang berjumlah 15 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2019. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan kemampuan menggambar telah meningkat menggunakan bermain Finger Painting. Ketuntasan kemampuan menggambar meningkat siklus I dan siklus II yaitu masing-masing 65.33 %, dan 78.67% Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang  baik.

References

Badru Zaman dan Asep Hery Hernawan. (2014). Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ega Rima Wati. (2016). “Ragam Media Pembelajaran”. Jakarta: Kata Pena.
Montolalu. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhammad Yaumi, (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja
Pamadhi dan Sukardi. (2010). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Prasetyono, Dwi Sekar. (2007). Membedah Psikologi Bermain Anak .Yogyakarta: Think.
Suryabrata, Sumadi. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suyadi dan Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-09-30