PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA YAPIS MANOKWARI

Authors

  • Ita Khanasta
  • Iriwi L.S. Sinon
  • Sri Wahyu Widyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1081

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis fenomena menggunakan metode demonstrasi terhadap berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan Time Series Design, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest sebesar 56,44 dan hasil posttest sebesar 62,88 sedangkan hasil pengolahan data menggunakan Uji Wilcoxon, dengan taraf signifikan α= 5% diperoleh nilai Wilcoxonhitung = 4,50. Wilcoxon table diketahui bernilai 101 maka Wilcoxon hitung < Wilcoxon table sehingga H0ditolak, dengan besar perbedaan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis fenomena menggunakan metode demonstrasi diketahui dari hasil peningkatan dengan menggunakan uji peningkatan (N-Gain) pada setiap pertemuan yaitu pertemuan 1 dengan nilai gain 0,14, pertemuan 2 dengan nilai gain 0,15, pertemuan 3 dengan nilai gain 0,12 serta pertemuan 4 dengan nilai gain 0,19. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran tersebut.

 

Kata Kunci: Fenomena, Metode Demonstrasi, Berpikir Kritis

Downloads

Published

2017-06-03

How to Cite

Khanasta, I., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA YAPIS MANOKWARI. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1081