PENGARUH PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1082Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh permainan terhadap kemampuan interpersonal siswa kelas I Sekolah Dasar di Tangerang. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu bulan Oktober dan November dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 36 siswa berasal dari SD Negeri Cikokol IV dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengisian angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian data diperoleh thitung = 11,71> ttabel = 2,021 artinya Ho ditolak dan diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan permainan terhadap kemampuan interpersonal siswa kelas I Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat memberikan stimulasi permainan yang tepat melalui pemberian materi, strategi, serta metode yang akan digunakan dengan melihat karakteristik dan kemampuan yang dimiliki siswa.
Â
Kata Kunci: Permainan, Kemampuan Interpersonal, Siswa Kelas I SD