ANALISIS KEBIJAKAN KEPENDIDIKAN DALAM ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1087Abstract
Abstrak
Sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manejemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun di tingkat sekolah seperti kita ketahui pendidikan nasional bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) mampu berperan sebagai subjek dalam pembangunan nasional. Melalui pendidikan diharapkan dapat lahir SDM yang berkualitas, berkarakter, berkompetensi, dan berdaya saing tinggi baik ditingkat nasional regional maupun internasional. Masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana kebijakan kependidikan dalam era globalisasi mempengaruhi mutu, relevansi dan daya saing dalam era globalisasi. Secara operasional, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebijakan kependidikan dalam era globalisasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan mutu, relevansi dan daya saing dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang mendasar dan sistematis melalui pengembangan kurikulum, metode pembelajaran dan sistem pemiaian sesuai dengan era globalisasi ini dapat dijadikan bahan referensi untuk menambah wawasan para penentu kebijakan, pelaku kebijakan, analis, dan akademisi sehingga dapat meningkatkan kinerja kebijakan pendidikana nasional. Sehingga mutu pendidikan, pemerataan pendidikan, relevansi pendidikan efektifitas dan efisiensi pendidikan nasinal dapat tercapai.
Â
Kata Kunci: Kebijakan Kependidikan, Era Globalisasi