MENGEMBANGkAN POTENSI DAN KETERAMPILAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH DITINJAU DARI BAKAT BEROLAHRAGA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1090Abstract
Abstrak
Memahami faktor yang mempengaruhi olahraga merupakan langkah yang tepat untuk seorang pendidik yang ingin mengembangkan potensi peserta didik sehingga nantinya mereka dapat menggunakan hal tersebut sebaik mungkin baik di secara pribadi dan kepada lingkungan. Syafruddin (2013:7) mengatakan bahwa “Pada dasarnya kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar motoriknya yang disalurkan melalui kegiatan kecabangan olahraga. Belajar motorik dalam pembinaan olahraga disekolah adalah upaya siswa melalui belajar dan berlatih baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler untuk menguasai suatu bentuk keterampilan cabang olahraga sehingga ia berprestasi dalam suatu cabang olahraga tertentu sesuai dengan pilihannya. Dengan kata lain terjadi peningkatan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.†Dengan demikian akan lebih baik jika seorang yang bergelut didalam dunia olahraga khususnya bidang pendidikan olahraga memahami setiap aspek yang mempengaruhi perkembangannya (bakat) sehingga nanti dapat berguna dalam proses pembelajaran itu sendiri.
Â
Kata Kunci: Potensi, Olahraga, Peserta Didik, Bakat