Efektifitas Pembelajaran Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital (Adobe Flash Pro CS5) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Instructional Material Softball

Authors

  • Arifin Ika Nugroho
  • Pande Made Darma Sanjaya
  • Erick Burhaein Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.10927

Keywords:

Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5 Profesional, Permainan Softball

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis Digital Adobe Flash CS5 Professional dalam pembelajaran Permainan Softball di SMA N Plus Satap Wasur Merauke. Terdapat pengaruh atau tidak penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap hasil belajar materi Permainan Softball pada siswa SMA N Wasur. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen, dengan bentuk Quasi Experiment yaitu non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI berjumlah 25 Siswa SMA N Plus Satap Wasur Merauke. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes . Didalam penelitian ini nantinya akan menjawab terkait mengetahui kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran Permainan Softball sebelum dan sesudah dan sesudah diberikan perlakuan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Digital Adobe Flash CS5 Professional di SMA N Plus Satap Wasur Merauke. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Digital Adobe Flash CS5 Professional berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan data posttest, diketahui bahwa nilai signifikansi menunjukkan angka 0,000< 0,05. dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menujukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dalam kelompok yang diberi perlakuan dari penggunaan media pembelajaran berbasis Digital Adobe Flash CS5 Professional.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasi, Rinika Cipta. Jakarta.
Chandra, E. (n.d.). DAFTAR PUSTAKA. Arikunto, Suharsimi.(2002). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.
Komputer, W. (2014). Pengenalan, Permasalahan dan Penanganan Hardware komputer. ANDI Semarang.
Nugroho, A. I., Saputro, D. P., Hidayat, A. K., Fadlih, M., & Djamudi, N. L. (2019). Effectiveness of software for indonesian martial art. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1), 12210.
PERBASASI, K. P. P. B. (1998). Official Rules of Softball. Jakarta: PB PERBASASI.
Sanaky, H. A. H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Stanislaus, S. U. (2009). Pedoman Analisis data dengan SPSS. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudarwan, D. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta. Sudrajat, A. (2011). Kurikulum dan pembelajaran dalam paradigma baru. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Sulistiono, S., Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2019). Mengukur Minat Studi Siswa SMA dan SMK di Kota Bogor Pada Program Studi Kewirausahaan. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(1), 1–12

Downloads

Published

2022-09-29