Pendampingan Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Sekolah Dasar Pasca Covid-19

Authors

  • Siswoyo Siswoyo Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Fatma Yuniarti Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10946

Abstract

Berdasarkan temuan penelitian ini diketahui bahwa para orang tua perlu mendampingi anak-anak mereka dalam belajar Bahasa Inggris pasca covid-19. Anak-anak mengalami masalah ketika mereka mengerjakan tugas-tugas Bahasa Inggris. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa sebagian orang tua menemui masalah dalam mendampingi anak-anak belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat 11 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan terhdap anak-anak dilakukan oleh orang tua sendiri namun juga ada yang meminta bantuan orang lain dalam mendampingi anak-anak. Adapun faktor-faktor pendampingan tersebut dikarenakan adaya masalah pada diri anakdan juga pada diri orang tua. Masalah Pada diri anak dikarenakan anak tidak bisa fokus dan masalah pada orang tua terkait dengan waktu dan kemampuan yang berbeda. Pendampingan ini mempunyai implikasi terhadap pembelajaran bahasa Inggris dan hasil pembelajaran. Mereka lebih semangat dan nilai mereka juga bertambah baik.  

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Siswoyo, S., & Yuniarti, F. (2023). Pendampingan Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Sekolah Dasar Pasca Covid-19. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 1–16. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10946