Tinjauan Proses Belajar Seni Tari Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10953Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana proses belajar mengajar seni tari pada mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini dilakukan di UPT SMPN 1 Kotagajah. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah proses belajar Seni Budaya (Tari) di UPT SMPN 1 Kotagajah menggunakan Kurikulum 2013. Guru tari telah menerapkan metode pengelolaan dan pengorganisasian pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) fase persiapan, (2) fase transfer, (3) fase pelatihan, dan (4) fase implementasi. Belajar seni tari di UPT SMPN 1 Kotagajah berpotensi berprestasi baik dari segi siswa, guru, sarana prasarana dan sistem penilaian, bahkan pembelajaran seni budaya yang diwujudkan dalam visi sekolah yaitu loyalitas, prestasi dan pembudayaan dalam sebuah semangat keunggulan global. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran seni tari adalah: minat siswa, perhatian siswa, kedekatan guru dan siswa sangat terjalin sehingga siswa nyaman dan menikmati tarian, ketrampilan guru dan kreatifitas guru dalam menggunakan metode kenyamanan audiovisual. sarana, prasarana dan sarana yang benar-benar mendukung keberhasilan pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah siswa tidak memiliki sarana untuk belajar menari berupa pemutar VCD untuk latihan di rumah, namun fasilitas yang tersedia di sekolah sudah diatasi dengan latihan di sekolah.