Konseling Kelompok Realita untuk Peningkatan Identitas Diri Siswa Pengguna Aplikasi TikTok

Authors

  • Gusti Rahayu Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Neviyarni Universitas Negeri Padang
  • Marjohan Marjohan Universitas Negeri Padang
  • Ifdil Ifdil Universitas Negeri Padang
  • Afdal Afdal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10955

Abstract

Aplikasi TikTok menjadi sarana hiburan yang membuat penggunanya harus bisa membentengi diri dari pengaruh negatif agar tidak kehilangan identitas dirinya. Identitas diri yang dimiliki individu sebagai suatu identitas atau pembeda antara dirinya dengan orang lain. Identitas diri yang tidak sempurna akan membuat individu terjebak dengan situasi yang dapat merugikan dirinya dan orang-orang sekelilingnya, seperti memiliki rasa tidak mampu dalam melakukan sesuatu, tidak berdaya, penurunan harga diri, tidak percaya diri, dan sebagainya. Konseling kelompok realita menjadi salah satu layanan bimbingan konseling yang dapat membantu individu meningkatkan identitas diri, dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam proses kegiatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literature yang memberikan jabaran secara terperinci terkait konseling kelompok realita untuk meningkatkan identitas diri.

Keyword: Pengguna Aplikasi TikTok, Identitas Diri, Konseling Kelompok Realita

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Gusti Rahayu, Neviyarni, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2023). Konseling Kelompok Realita untuk Peningkatan Identitas Diri Siswa Pengguna Aplikasi TikTok. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 100–111. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10955