Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Kebugaran Jasmani Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Aktivitas Bermain
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10993Abstract
Produk pembelajarn berupa e-modul pembelajaran kebugaran jasmani berbasis aktvitas bermain pada pembelajaran PJOK adalah hasil akhir dari penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D). Produk e-modul dikembangkan melalui model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Penelitian ini melibatkan 5 orang ahli, yakni 3 ahli mater, 1 ahli media dan 1 ahli bahasa serta pelaksanaan uji coba skala kecil dan skala besar. Pengumpulan data pada tahap uji valid yaitu menggunakan lembar validasi dan pengumpulan pada tahap uji coba menggunakan lembar angket. Tahap uji valid menunjukan bahwa e-modul yang dihasilkan sangat layak dengan persentase 88,2%. Sedangkan tahap uji coba skala kecil menunjukan bahwa peserta didik sangat setuju apabila e-modul sebagai bahan pembelajaran dengan persentase 85%. Tahap uji coba skala besar menujukan bahwa peserta didik sangat setuju apabila e-modul sebagai bahan pembelajaran dengan persentase 81.8%. Berdasarkan tahapan tersebut, dapat dinyatakan bahwa e-modul pembelajaran PJOK berbasis aktivitas bermain sangat layak digunakan sebagai bahan ajar
Kata Kunci : E-modul, Aktivas Bermain, Kebugaran Jasmani.