Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11011Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas VII,VIII di SMPN 3 Kota Solok belum berjalan dengan baik, hal ini mungkin disebabkan oleh motivasi intrinsik dan ekstrinsik.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII,VIII di SMP N 3 Kota Solok. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa Kelas VII,VIIIdi SMP N 3 Kota Solok dengan jumlah 357 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling, sehingga sampel berjumlah 36 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara responden menilai/mengisi angket yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Hasil penelitian menujukkan bahwa, 1) Sub variabel motivasi siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK), dengan tingkat pencapaian sebesar 73,91% dan tergolong baik, 2)Sub variabel motivasi ekstrinsiksiswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK), dengan tingkat pencapaian sebesar 80,04% dan tergolong baik, 3) Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII,VIII di SMP N 3 Kota Solok memperoleh tingkat pencapaian sebesar 76,98% dan tergolong baik.
Kata Kunci: Motivasi, Siswa, Pendidikan Jasmani