Pengaruh Kecepatan, Keseimbangan Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Dribbling Bola Siswa Sekolah Sekolah Sepakbola Rumbai
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11016Abstract
Masalah penelitian adalah masih rendahnya kemampuan dribbling bola siswa sekolah sepakbola Rumbai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kecepatan terhadap kemampuan dribbling; (2) pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan dribbling.; (3) pengaruh langsung konsentrasi terhadap kemampuan dribbling; (4) pengaruh tidak langsung kecepatan melalui konsentrasi terhadap kemampuan dribbling; (5) pengaruh tidak langsung keseimbanganimelalui konsentrasi terhadap kemampuan dribbling; (6) pengaruh kecepatan, kelincahan dan konsentrasi terhadap kemampuan dribbling bola. Metode penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kausal-komparatif, karena menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini seluruh siswa sekolah sepakbola laki-laki PS Rumbai. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, yaitu 36 orang. Data untuk kecepatan dikumpulkan dengan instrumen tes lari 30 meter, data untuk keseimbangan digunakan instrumen Modified Bass Test of Dynamic Balance, data untuk konsentrasi digunakan instrumen Grid Concentration Test, dan data untuk kemampuan dribbling digunakan instrumen tes dribbling sekolah sepakbola. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kecepatan terhadap kemampuan dribbling, karena koefiesiennya lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05); (2) terdapat pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan dribbling (0,038<0,05); (3) terdapat pengaruh langsung konsentrasi terhadap kemampuan dribbling dengan koefiesien 0,110 atau lebih kecil dari 0,05; (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecepatan melalui konsentrasi terhadap kemampuan dribbling, karena nilai pengaruhnya lebih kecil dari 0,302 (0,110<0,302); (5) tidak terdapat pengaruh tidak langsung keseimbanganimelalui konsentrasi terhadap kemampuan, karena nilai pengaruhnya lebih kecil dari 0,302 (0,251<0,302; (6) terdapat pengaruh secara simultan pada kecepatan, kelincahan dan konsentrasi terhadap kemampuan dribbling bola siswa sekolah sepakbola Rumbai, yaitu sebesar 62,09%.
Kata Kunci: Kecepatan, Keseimbangan, Konsentrasi, Kemampuan Dribbling sepakbola