Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Islam Sinar Cendekia Melalui Metode Eksperimen

Authors

  • Faiz Hasbullah Hassan Universitas Terbuka
  • Venita Yusup Universitas Terbuka
  • Alpin Herman Saputra Universitas Terbuka
  • Ardo Okilanda Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11114

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Islam Sinar Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan Semester I Tahun Ajaran 2022/2023 pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan metode eksperimen. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, yakni pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Sinar Cendekia yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan prosedur tes dengan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda untuk mengukur keberhasilan belajar siswa dan instrumen observasi berupa lembar observasi untuk mengetahui kinerja siswa dalam pembelajaran. Pada pra siklus, siswa memperoleh nilai rata-rata 69,77 pada tes akhir belajarnya, pada siklus 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 78,27, dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 87,86. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penguasaan belajar siswa dalam kegiatan belajar pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu dari 72,72% meningkat sebesar 90,90%. Penulis dapat menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Islam Sinar Cendekia dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode eksperimen.   

Downloads

Published

2023-02-10