Peningkatan life skills education mahasiswa melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy

Authors

  • Dian Jelita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Zulhammi Zulhammi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary
  • Zulhimma Zulhimma Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11202

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar yang merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar. Pada Mata kuliah micro teaching di Program Studi Pendidikan agama islam belum adanya bahan ajar yang memadai sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar. Model penelitian pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan pengembangan 4D Model (define, design, develop dan disseminate), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta instrumen peniliaian validasi ahli berupa ahli materi, bahasa, desain dan juga terdapat analisis respon pengguna. Data yang didapatkan dalam penelitian ini di analisis deskriptif kuantitatif sesuai prosedur pengembangan yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan dari tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy. Dan bagaimana peningkatan life skills education mahasiswa PAI UIN FAS melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: data penelitian diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan referensi yang sesuai untuk menghasilkan buku ajar yang dikembangkan, peningkatan life skills education mahasiswa PAI UIN FAS Bengkulu melalui pengembangan bahan ajar micro teaching berbasis multimodal literacy dinyatakan tinggi dengan nilai rata-rata N-Gain score sebesar 0,71 dan N-Gain Score persen sebesar 70,65.

Downloads

Published

2023-02-27