Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Penerapan Gaya Mengajar Periksa Diri (Self Check Style) Pada Siswa

Authors

  • Nurkhoiroh Nurkhoiroh Universitas Negeri Gorontalo
  • Meri Haryani Universitas Negeri Gorontalo
  • Khoirul Anwar Pulungan Universitas Negeri Gorontalo
  • Arief Ibnu Haryanto Universitas Negeri Gorontalo
  • I Kadek Suardika Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11226

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmngetahui peningkatan hasil beajar lari spint melalui penerapan gaya mengajar periksa diri (self check style) pada siswa kelas VIII SMP 14 Medan. Penelitian ini dilaksanankan di SMP 14 Medan, waktu penelitian dilaksanankan selama 2 minggu. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 44 orang. Metode dalam penelitian menggunakan PTK (Penelitian Tindakan kelas). Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Gaya mengajar periksa diri (self check style) dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint,nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 53,38 (tidak tuntas), pada tes siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59,63 (tidak tuntas), dan pada pelakanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 25%, pada tes siklus I meningkat menjadi 43,18%, dan pada pelaksanaan tes isklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 86,36%.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Nurkhoiroh, N., Haryani, M., Pulungan, K. A., Haryanto, A. I., & Suardika, I. K. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Penerapan Gaya Mengajar Periksa Diri (Self Check Style) Pada Siswa . Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 329–336. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11226