Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Di TK

Authors

  • Aang Andi kuswandi STITNU AL FARABI PANGANDARAN
  • Imas Masitoh STITNU AL FARABI PANGANDARAN
  • Shabilla Aulia Kurnia STITNU AL FARABI PANGANDARAN
  • Mela Rahayu STITNU AL FARABI PANGANDARAN
  • Neng Ulfa Masyripah STITNU AL FARABI PANGANDARAN

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11259

Abstract

Dalam mewujudkan anak usia dini yang dapat mengembangkan potensi anak usia dini diperlukan adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Pedoman penyelenggaraan pembelajaran meliputi penyusunan program semester yang akan dilakukan selama satu tahun. Kegiatan tersebut berkaitan dengan menetapkan tahap perkembangan, indikator kemampuan, menetapkan konsep pengetahuan yang akan dikenalkan, menetapkan tema, menyusun rencana kegiatan pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan dan alokasi waktu. Kesiapan penyelenggaraan atau strategi perencanaan pembelajaran sebaiknya memperhatikan Modul Ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. TK Negeri Fajar telah menyusun Kurikulum Merdeka yang merupakan kebijakan terbaru dalam dunia Pendidikan nasional, dimana kurikulum ini berfokus pada kebutuhan minat, bakat, karakteristik peserta didik dan mempertimbangkan adanya berbagai perbedaan yang ada di dalam masyarakat sehingga peserta didik dapat mengenali adanya keragaman dalam kehidupan bermasyarakat. Aktivitas mengajar guru di TK Negeri Fajar terdiri atas menyambut peserta didik di depan gerbang sekolah, melaksanakan pembelajaran, hingga mengantar peserta didik ke depan gerbang sampai anak tersebut dijemput oleh orang tua masing-masing. Aktivitas belajar di TK Negeri Fajar ini berorientasi kepada kebutuhan setiap anak. Sehingga pembelajaran dapat mampu mendorong tercapainya optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis, yaitu intelektual, bahasa, motorik, dan sosio emosional.

Downloads

Published

2023-03-25