Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11297Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Muara Telang, mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Muara Telang, dan mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Muara Telang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi penelitian adalah seluruh guru di SMP Negeri Kecamatan Muara Telang dan sampel penelitian ini diperoleh sebanyak 88 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunaan validitas konstruksi dan validitas isi. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, liniearitas dan heterokedastisitas. Data dianalisis menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi sebesar 0,731 dengan presentasi hubungan sebesar 53,5% sedangkan 46,5% ditentukan oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.