Lihai Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Metode Content Based Instructional Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11561Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan dasar bahasa Inggris yang paling sulit untuk dikuasai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara serta referensi pengajaran keterampilan berbicara melalui inovasi metode content based instructional di masa pembelajaran tatap muka terbatas di era merdeka belajar. Penelitian ini membahas penggunaan metode tersebut sebagai teknik yang dipilih untuk digunakan dalam perlakuan kelompok eksperimen. Karena skor tes berbicara responden meningkat secara signifikan, dapat diasumsikan bahwa keterampilan mereka dalam berbicara, terutama dalam tata bahasa, pengucapan, kelancaran, pemahaman dan kosa kata dalam metode wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan data, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis isi terhadap kemampuan berbicara responden. Berdasarkan hasil statistik uji t, dimana thitung 4,66 lebih besar dari ttabel 2,06 berarti hipotesis. Ha dalam penelitian ini diterima. Kedua metode tersebut dapat membuat responden aktif dalam belajar. Dalam pembelajaran berbasis konten, responden diminta untuk memecahkan masalah secara berpasangan. Sehingga responden akan mengerti tentang masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil pembelajaran setelah dilakukan eksperimen terhadap responden.
References
Agustina, L. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Pembiasaan English Kids Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Speaking Skill Di Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung.
Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: status and influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.
Ambalegin, A., & Suryani, M. S. (2019).Pembelajaran Speaking Melalui Pendekatan Content-Based Instruction Bagi Guru-Guru SMA/SMK Harapan Batam. PUAN INDONESIA, 1(1), 19-27.
Anggraeni, A., Rachmijati, C., & Apriliyanti, D. L. (2020). Penerapan Media Kuis Interaktif Kahoot Untuk Meningkatkan Speaking Skill Di Desa Subang. Abdimas Siliwangi, 3(2), 351-360.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pendek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad. 1995. Fluency an Accuracy : Toward balance in language Teaching and Learning.(Clevedon, UK : Multilingual Matters)
Brinton, S., & Snow, M. (1989). Wesche. Content-Based Language Instruction.
Brown, A. 2001. Characteristics of Successful Speaking Activities. London: The Falmer Press.
Brown. A and Dowling. P. 1998. Doing Research/Reading Research: A mode of Interrogation for Education. London: The Falmer Press.
Budiarta, I. K., & Krismayani, N. W. (2014). Improving Speaking Skill And Developing Character Of The Students Through Collaboration Of Think-Pair-Share And The Concept Of Tri Kaya Parisudha. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(2), 73-80
Crandall, J., & Tucker, G. R. (1990). Content-Based Language Instruction in Second and Foreign Languages.
DJ, Tarin, 1995. Second Language Learning and Teaching. London: Edward Arnold, Inc.
Djiwandono, M.S.1996.Tes Bahasa dalam Pembelajaran.ITB: Bandung
Gay, L, R. 1990. ‘is this Collaboration?’. In Bosworth, K. And Hamilton, S, J.(Eds.) Collaborative learning: Underlying Processes and effective techniques. New directions for Teaching and Learning No. 59.
Hallim, 2009. Guide to Petterns and Usage in English. Second Edition, Oxford University Press, New York.
Henri, 2006. “Improving Student’s Pronunciation in Speaking Class through Repitition Technique: An Action Research at the Fifth Year Students of SD Negeri Peremulung”.
Hornby. 1995. Essentials of Social Research. New York: Open University Press.
Maretha, C. (2021). Meaning Relationship of the Verb Hope and Wish in English. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 46-63.
Pontillas, M. S. D. (2020). Reducing The Public Speaking Anxiety Of ESL College Students Through Popsispeak. 3L, Language, Linguistics, Literature, 26(1).
Pontillas, M., & Talaue, F. (2021). Levels of Oral Communication Skills and Speaking Anxiety of Educators in a Polytechnic College in the Philippines. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 24-32.
Purwita Anggaraini. 2007. “Audio Lingual Teaching as an Alternative Method in Teaching Speaking an Action Research Given to the First Year Students of SMP Negeri 2 Pemalang in Academic Year 2006/2007”. Pemalang.
Syaputri, W., Septianasari, L., & Abqoriyyah, F. H. (2020). TANTANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN WAWANCARA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 90-97.
Wahyuningsih, Y. (2021). In, English Prepositions. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 11-26.