Mahir Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Teknik Probing-Promting Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11582Abstract
Penelitian ini berakar pada kecemasan yang terjadi di dunia pengajaran keterampilan berbicara selama periode pasca pandemi. Pengaruh pembelajaran online menurunkan motivasi siswa dalam mengasah keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan strategi alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara secara efektif dan efisien dengan menggunakan teknik probing-prompting yang dimodifikasi dengan penggunaan permainan modern agar siswa merasa senang selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil tes yang telah diberikan kepada siswa dan pengujian hipotesis, di dapatkan kesimpulan: penggunaan probing-prompting berpengaruh positif dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara dan ditunjukkan bahwa thitung>ttabel, yaitu tratio = 2,90 dan ttabel 5% = 2,00 dan 1% = 2,66. Siswa yang diajar dengan teknik ini memperoleh nilai yang lebih baik, meskipun selama pembelajaran siswa takut melakukan kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri siswa. Teknik ini efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berbicara di era new normal.
References
Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: status and influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.
Andriani, R., Syaifullah, S., & Kasriyati, D. (2021). Online Learning in Pandemic Covid-19. ELT-Lectura, 8(2), 148-156.
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356-370
Asrori, F. F., & Sufanti, M. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Puisi Masa Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 169-172.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397
Djarwati, R. I. (2021). Pendekatan Metode Belajar Tuntas di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Warta Pendidikan| e-Journal, 5(5).
Maretha, C. (2021). Meaning Relationship of the Verb Hope and Wish in English. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 46-63.
Ningsih, Widya. "Merdeka Belajar melalui Empat Pokok Kebijakan Baru di Bidang Pendidikan | Suara Guru Online" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-16. Diakses tanggal 2019-12-16.
Pontillas, M., & Talaue, F. (2021). Levels of Oral Communication Skills and Speaking Anxiety of Educators in a Polytechnic College in the Philippines. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 24-32.
Pontillas, M. S. D. (2020). Reducing The Public Speaking Anxiety Of ESL College Students Through Popsispeak. 3L, Language, Linguistics, Literature, 26(1).
Saidah, Z., & Rahmah, A. G. (2021). Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Di Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Salafiyah 2 Gresik. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(1).
Setyowati, E. (2021). Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar). Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 121-127.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syaputri, W. (2014). Pronunciation errors made by senior high school students in reading English texts aloud. English Education Journal, 4(1).
Syaputri, W., Septianasari, L., & Abqoriyyah, F. H. (2020). TANTANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN WAWANCARA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 90-97.
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Bengkulu, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356