Pengaruh Penggunaan Lagu Terhadap Kemampuan Pronunciation Siswa Di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Eryon Eryon Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Gali Alrajafi Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Carla Maretha Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11609

Abstract

Pengucapan adalah cara bagaimana mengucapkan kata-kata dengan benar. Dalam mengajar pengucapan guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar. Guru harus dapat memilih teknik yang tepat yang harus digunakan di dalam kelas. Menggunakan lagu adalah salah satu teknik dalam pengajaran pengucapan yang dapat memotivasi mereka untuk menyukai bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan lagu terhadap kemampuan pengucapan siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 89 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penulis menggunakan dua kelas yaitu kelas 1O.1 dan 1O.2. Dalam menganalisis data penulis menggunakan tes. Tes yang dilakukan adalah tes lisan. Disini penulis menggunakan kuantitatif. t_cal= 2.73 dan untuk t_table 5%= 2.00 dan 1 % =2.66. Artinya t_(ratio )> t_table. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lagu terhadap kemampuan pengucapan siswa.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Eryon, E., Alrajafi, G., & Maretha, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Lagu Terhadap Kemampuan Pronunciation Siswa Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 472–480. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11609