Piawai Menulis Melalui Inovasi Teknik Beyond Centra And Circle Time Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11610Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengajaran keterampilan menulis dengan menggunakan inovasi metode Beyond Center dan Circle Time. Menggunakan metode Beyond Center dan Circle Time tentunya bisa menjadi cara yang efektif untuk siswa untuk mengajar dan belajar bahasa Inggris. Peneliti telah melakukan beberapa langkah pada siklus pertama. Yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengamatan dilakukan pada siklus kedua. Semua kegiatan selama proses belajar mengajar telah diamati. Mereka adalah sebagai berikut: 1). Sebagian besar siswa termotivasi, antusias dan tertarik dengan proses pembelajaran, 2). Banyak siswa yang berpendapat bahwa metode beyond center dan circle time lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa, 3). Skor rata-rata dikategorikan berhasil. Berdasarkan perbandingan skor pretest dan posttest, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan inovasi Beyond Center and Circle Time (BBCT). Metode ini dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta English Club di Universitas Muhammadiyah Lampung.
References
Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: status and influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356-370
Asrori, F. F., & Sufanti, M. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Puisi Masa Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 169-172.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397
Djarwati, R. I. (2021). Pendekatan Metode Belajar Tuntas di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Warta Pendidikan| e- Journal, 5(5).
Maretha, C. (2021). Meaning Relationship of the Verb Hope and Wish in English. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 46-63.
Mustadi, A. (2019). Pengembangan Pengajaran Writing Melalui Metode Beyond Centers and Circles Time Mata Kuliah Bahasa Inggris di PGSD. Jurnal Penelitian FIP.
Ningsih, Widya. ( 2022)"Merdeka Belajar melalui Empat Pokok Kebijakan Baru di Bidang Pendidikan | Suara Guru Online" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-16. Diakses tanggal 2019-12-16.
Pontillas, M. S. D. (2020). Reducing The Public Speaking Anxiety Of ESL College Students Through Popsispeak. 3L, Language, Linguistics, Literature, 26(1).
Pontillas, M., & Talaue, F. (2021). Levels of Oral Communication Skills and Speaking Anxiety of Educators in a Polytechnic College in the Philippines. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 24-32.
Saidah, Z., & Rahmah, A. G. (2021). Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Di Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Salafiyah 2 Gresik. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(1).
Setyowati, E. (2021). Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar). Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 121-127.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Bengkulu, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356
Wahyuningsih, Y. (2021). In, English Prepositions. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 11-26.