Kuasai Literasi Menulis Melalui Inovasi Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Zohri Hamdani Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Ahmad Syafiq Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Figo Caesarone Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.11660

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi strategi pengajaran literasi menulis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Berdasarkan data analisis, terdapat perbedaan yang signifikan melalui penerapan metode pembacaan dan komposisi terpadu. Peneliti menarik beberapa kesimpulan bahwa terbukti pada kelas eksperimen terdapat perbedaan skor yang signifikan. Kelas eksperimen memiliki berbagai macam skor yang menunjukkan peningkatan dari perlakuan. Peneliti menyadarkan responden bahwa menulis tidak begitu sulit untuk dikuasai dengan menggunakan teknik ini. Setelah peneliti memberikan perlakuan, peneliti memberikan post test dan mendapat skor tertinggi 80 dan skor terendah adalah 60 yang mana memiliki rata-rata 70,36. Dari data tersebut terlihat bahwa mereka memiliki dorongan dalam menulis, dari 63 menjadi 70,36. Dapat disimpulkan bahwa metode ini memberikan efek yang sangat baik dan pasti mempengaruhi kemampuan responden dalam menguasai keterampilan menulis di era normal baru.

References

Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: status and influence. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1-10.

Andriani, R., Syaifullah, S., & Kasriyati, D. (2021). Online Learning in Pandemic Covid-19. ELT-Lectura, 8(2), 148-156.

Asrori, F. F., & Sufanti, M. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Puisi Masa Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 169-172.

Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di Stkip Garut. PEDAGOGIA, 15(2), 199-212.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397

Djarwati, R. I. (2021). Pendekatan Metode Belajar Tuntas di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Warta Pendidikan| e-Journal, 5(5).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusuma, D., Zakaria, Z., & Djuwita, P. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Kemampuan Writing Siswa SMP. Manajer Pendidikan, 11(3).

Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa Kelas V SDN 2 Nyuhtebel. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 541-553.

Maretha, C. (2021). Meaning Relationship of the Verb Hope and Wish in English. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 46-63.

Maretha, C. (2021). Meaning Relationship of the Verb Hope and Wish in English. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 46-63.

Nur, Muhammad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Pontillas, M. S. D. (2020). Reducing The Public Speaking Anxiety Of ESL College Students Through Popsispeak. 3L, Language, Linguistics, Literature, 26(1).

Pontillas, M., & Talaue, F. (2021). Levels of Oral Communication Skills and Speaking Anxiety of Educators in a Polytechnic College in the Philippines. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 24-32.

Ramadhani, L. N. (2017). Penerapan model CIREC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rumabutar, D. R., & Hidayati, R. P. P. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dalam Menulis Esai Argumentasi Meningkatkan Berpikir Kritis. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 168-178.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sutarno H, Rohendi D, dan Nopiyanti. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 3 No. 1.

Syaputri, W. (2019, March). First Language Morphological Interference of English Language Learners (EFL). In Seventh International Conference on Languages and Arts (ICLA 2018) (pp. 617-619). Atlantis Press.

Uno, Hamzah B. dan Muhamad, Nurdin. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, Y. (2021). In, English Prepositions. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 11-26.

Downloads

Published

2023-05-17